Street Style dan Trend Gaya

IMG_7448 Kita berpakaian setiap hari. Kita punya pertimbangan atas pakaian apa yang akan dikenakan. Ke kantor, hangout, ke acara resmi, nonton pertujukan musik, film, dan berbagai aktivitas yang kita lakukan. Setiap orang memiliki pertimbangan masing-masing untuk itu. Dan tentu tidak ada yang salah dan benar dengan apa yang kita pakai.

Aktivitas yang kita lakukan bersama pakaian yang kita kenakan setiap hari kecepatannya jauh melampaui cetakan-cetakan majalah mode yang berusaha mengarahkan gaya kita. Jika majalah mode terbit dua minggu sekali, maka dia sudah tertinggal 12 hari dari aktivitas kita berbusana. Dan pada akhirnya, kita sendirilah yang memutuskan mengenakan apa untuk keperluan apa sesuai selera dan kenyamanan kita.

Di era 1970-an rekaman gambar street style seperti yang dilakukan Bill Cunningham memang mencerminkan gaya pakaian arahan majalah gaya. Tapi kini, kecenderungan itu sudah berubah. Street style-lah yang justru membentuk trend gaya. Kehadiran street style telah memberikan sudut pandang baru dalam bergaya busana karena sifatnya yang otentik dan personal. Keberadaannya menjadi lanskap luas dan lebih cepat bagi perkembangan mode, serta mampu melepaskan ketergantungan pada majalah gaya versi cetak (glossie), demikian menurut seorang pengamat mode.

Bagaimana menurut Anda?



Comments are closed.