Menulis Bisnis dan Toko Daring

IMG_2600Setelah kurang lebih 8 tahun menjadi peneliti ekonomi-politik pedesaan, tak pernah terbayangkan bila dikemudian hari saya menulis e-commerce, website, media sosial dalam lingkup bisnis daring (online business). Terlebih lagi latar belakang pendidikan saya adalah antropologi.

Berawal dari kegemaran mengembangkan media online dengan format isi opini dan berita, mengutak-atik perangkat lunak web open source, bermuaralah aktivitas saya di pengembangan website dan e-commerce (perangkat lunak untuk toko daring/online store). Dan kini, mengutak-atik website bukan hanya kegemaran, tetapi menjadi penopang kebutuhan hidup. Tak pernah disangka.

Berkenalan dengan dunia tulis-menulis sendiri bukan hal yang baru. Ketika di sekolah menengah saya menulis cerpen remaja (meski sebatas jadi bundelan). Di masa kuliah saya menilis untuk buletin unit kegiatan mahasiswa. Selepas kuliah masuk dunia penelitian. Menulis menjadi pekerjaan utama. Meski tentu berbeda dengan penulis novel, wartawan atau penulis puisi.

Dalam penelitian, menulis adalah kegiatan keseharian. Mulai dari menyusun catatan harian saat melakukan pekerjaan lapangan (field work), menulis working paper, artikel jurnal, laporan penelitian, hingga buku. Itu belum termasuk menulis tinjauan isu yang akan diteliti dan tinjauan buku.

Menulis relatif menjadi hal biasa. Tetapi, menghadapi kenyataan bahwa saat ini saya menulis tentang bisnis daring yang dekat dengan dunia fesyen, masih sering membuat saya tercengang sendiri. Kok bisa, ya?!!

Berkenalan dengan majalah Ide Bisnis (Kompas-Gramedia Group) dimulai pada 2012. Berawal dari diskusi dengan salah satu wartawannya, mulailah saya memberanikan diri menulis tentang bisnis daring berdasarkan pengalaman langsung. Dari sisi saya sebagai pengembang website, pemilik media online, sekaligus mantan pemilik toko online. Apa yang saya bagi bukan teori berdasarkan buku, tetapi pengalaman langsung.

Saya berterimakasih banyak pada majalah Ide Bisnis yang telah memberi ruang untuk berbagi informasi.



Comments are closed.