Catatan dari Last Print Issue-nya Newsweek

IMG_2674Desember 2012 menjadi bulan terakhir majalah Newsweek terbit dalam format cetak. Setelah menjalani pasang surut selama kurang lebih 79 tahun, rival majalah Time ini akan hadir sepenuhnya dalam format digital berbasis website dan mobile application.

Salah satu pendorong Newsweek mengambil langkah tersebut adalah terjadinya eksodus pembaca dan pengiklan ke media daring/online (Robert Daniel, The Wall Street Journal).

IMG_2705Menurut Daniel, sejak 2005, sirkulasi Newsweek telah menurun sekitar setengah sampai 1,5 juta, dan halaman iklan merosot lebih dari 80%. Kerugian tahunan majalah itu mencapai sekitar 40 juta dolar Amerika.

Menghadapi kondisi tersebut migrasi ke kanal online memang cara yang paling realistis. Bukan hanya untuk menyelamatkan keberadaan media, juga tanggapan atas perkembangan teknologi informasi. Bila tidak, akan terancam gulung tikar.

Apakah media-media di Indonesia sudah saatnya mengambil sikap seperti Newsweek? Jawabannya tidak bisa “ya” atau “tidak”. Pertama, keputusan beralih ke format digital harus memperhatikan karakter pembaca. Perlu informasi yang memadai tentang perbandingan pembaca koran/majalah yang mengakses melalui internet dan cetak. Kedua, perubahan format cetak ke digital bukan hanya soal tampilan, juga menyangkut perubahan manajerial, keahlian, tingkat melek teknologi, dan infrastruktur yang memadai.

Namun demikian, tuntutan ke arah format digital tidak bisa ditolak. Mungkin tidak harus terburu-buru melakukan perubahan. Karena yang terpenting untuk konteks Indonesia sekarang adalah bagaimana mempersiapkan diri memasuki era serbadigital. Pengelolaan media tanpa dibarengi melek teknologi tidak akan bertahan lama.

Saat ini bila sebuah media masih bisa bertahan dalam format cetak, itu luar biasa. Tetapi, bila bersikukuh akan tetap berjalan di format cetak dan enggan membuka cakrawala ke masa depan, akan binasa. Kiranya patut direnungkan apa yang ditulis oleh Tina Brown  (Editor in Chief Newsweek & The Daily Beast), “Kadang, perubahan itu bukan hanya baik, juga dibutuhkan.”



Comments are closed.